selamat datang di blognya cerdas mahasiswa semoga blog ini bermanfaat bagi kita dan biar tetap semangat dan tetap axis mohon difollow ya.....terima kasih

stealth technology

APASIH TECHNOLOGY PESAWAT SILUMAN




Stealth atau observability rendah adalah salah satu konsep yang paling disalahpahami oleh orang biasa. Pesawat siluman dianggap pesawat tak terlihat yang di  langit. Tapi, dalam istilah yang sederhana, teknologi siluman memungkinkan pesawat untuk menjadi sebagian terlihat Radar atau cara lain deteksi. Hal ini mirip dengan kamuflase yang digunakan oleh tentara dalam perang hutan. Kecuali dia datang dekat dengan Anda, Anda tidak bisa melihatnya. Sebelum masuk ke teknologi siluman, pertama-tama kita harus tahu bagaimana radar bekerja. Radar mengirimkan gelombang radio yang dipantulkan kembali oleh benda itu terjadi menghadapi. Antena radar mengukur waktu yang dibutuhkan oleh gelombang untuk kembali dan dengan informasi yang dapat memberitahu seberapa jauh benda tersebut. Tubuh logam dari pesawat adalah reflektor yang sangat baik dari sinyal radar, dan ini membuat mudah untuk menemukan dan melacak pesawat dengan peralatan radar. Tujuan dari teknologi siluman adalah untuk membuat pesawat terlihat oleh radar. Ini adalah kombinasi dari teknologi.

1) Pesawat harus berbentuk sehingga radar setiap sinyal itu mencerminkan tercermin jauh dari peralatan radar.
 2) Pesawat harus tercakup dalam bahan yang menyerap sinyal radar.
 3) Mengurangi visibilitas dan tanda tangan inframerah

Biasanya pesawat konvensional telah berbentuk bulat yang membuat mereka aerodinamis tetapi juga menciptakan reflektor radar sangat efisien. Bentuknya yang bulat berarti bahwa di mana pun sinyal radar hits pesawat, beberapa sinyal akan dipantulkan kembali. Sebuah pesawat siluman di sisi lain memiliki permukaan benar-benar datar dan ujungnya sangat tajam yang mencerminkan sinyal radar jauh dari antena radar. Cara yang paling efisien untuk mencerminkan gelombang radar kembali ke radar memancarkan adalah dengan pelat logam ortogonal, membentuk sudut reflektor yang terdiri dari baik dihedral (dua piring) atau bersegi tiga (tiga lempeng ortogonal). Konfigurasi ini digunakan di ekor pesawat konvensional, di mana komponen vertikal dan horizontal ekor ditetapkan pada sudut yang tepat. Pesawat siluman menggunakan pengaturan miring, berbeda ekor permukaan untuk mengurangi refleksi sudut yang terbentuk antara mereka. Sebuah metode yang lebih radikal adalah untuk menghilangkan ekor sepenuhnya. Selain mengubah ekor, mesin harus dikubur dalam sayap atau badan pesawat, memasang sekat di intake udara sehingga pisau turbin tidak terlihat radar. Sebuah bentuk diam-diam harus tanpa benjolan kompleks atau tonjolan seperti senjata, tangki bahan bakar dll dan mereka tidak harus dilakukan secara eksternal. Persyaratan ini membentuk memiliki efek negatif yang kuat pada sifat aerodinamis pesawat dan karenanya mereka secara inheren tidak stabil dan tidak dapat diterbangkan tanpa sistem kontrol fly-by-wire.




Selain itu, permukaan pada pesawat siluman dapat berbahaya sehingga mereka menyerap energi radar dan mengubahnya menjadi panas daripada membelokkan mereka dalam arah lain. Bahan radar Umumnya digunakan penyerap bola besi cat dan busa penyerap. Teknologi siluman sederhana hanya kamuflase dengan menggunakan cat atau bahan lain untuk berbaur dengan lingkungan atau dengan menyerupai sesuatu yang lain. Siluman pesawat yang paling penggunaan matte cat dan warna gelap dan hanya beroperasi pada malam hari. Dengan minat siluman siang hari, penekanannya adalah pada penggunaan cat abu-abu dalam skema mengganggu. Biasanya pesawat terlihat dalam sistem thermal imaging karena knalpot suhu tinggi yang mereka berikan.  knalpot kontribusi tanda tangan inframerah yang signifikan. Ini adalah kerugian besar untuk pesawat karena mereka rentan terhadap rudal dengan sistem bimbingan IR. Dengan meminimalkan volume knalpot cross sectional dan memaksimalkan pencampuran knalpot panas dengan udara ambien dingin, IR signature dapat dikurangi. Cara lain untuk mengurangi suhu gas buang adalah mengedarkan pendingin seperti bahan bakar di dalam pipa knalpot.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar