CARA SHALAT MENURUT HPT
(8-9)
Drs Agung Danarta,
M. Ag
BACAAN TASYAHUD
33.
Dan bacalah tasyahhud begini: “Attahiyya-tu
lilla-h washshalawa-tu waththayyiba-t, assalaa-mu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa
rahmatulla-hi wa baraka-tuh. Assala-mu ‘alaina- wa ‘ala- ‘iba-dilla-hish
sha-lihi-n. Asyhadu alla- ila-ha illalla-h wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu-
wa rasu-luh”. (Segala kehormatan, kebahagiaan, dan kebagusan adalah kepunyaaan
Allah. Semoga keselamatan bagi engkau, ya Nabi Muhammad, beserta rahmat dan
kebahagiaan Allah. Mudah-mudahan keselamatan juga bagi kita sekalian dan
hamba-hamba Allah yang baik-baik. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan
Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba dan utusan-Nya).
34.
Lalu bacalah shalawat pada nabi saw: “Alla-humma
shalli ‘ala- Muhammad wa ‘ala- a-li Muhammad, kama-
shallaita ‘ala- Ibra-hi-m wa a-li Ibra-hi-m, wa ba-rik ‘ala- Muhammad wa a-li
Muhammad, kama- ba-rakta ‘ala- Ibra-hi-m wa a-li Ibra-hi-m, innaka hani-dum
maji-d”. (Ya Allah, limpahkanlah kemurahan-Mu kepada Muhammad dan keluarganya,
sebagaimana Kau telah limpahkan kepada Ibrahim dan keluarganya. Berkahilah
Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Kau telah berkahi Ibrahim dan
keluarganya. Sesungguhnya Engkau yang Maha Terpuji dan Maha Mulia)’
35.
Kamudian berdoalah kepada Tuhanmu, sekehandak
hatimu yang lebih pendek daripada do’a dalam tasyahhud akhir.
DALIL-DALIL:
33. Hadis Nabi saw dari Ibn Mas’ud:
قَالَ
عَبْدُ اللَّهِ كُنَّا إِذَا صَلَّيْنَا خَلْفَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُلْنَا السَّلَامُ عَلَى جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ السَّلَامُ
عَلَى فُلَانٍ وَفُلَانٍ فَالْتَفَتَ إِلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ هُوَ السَّلَامُ فَإِذَا صَلَّى
أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ
السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ
السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ فَإِنَّكُمْ إِذَا
قُلْتُمُوهَا أَصَابَتْ كُلَّ عَبْدٍ لِلَّهِ صَالِحٍ فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ
أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُولُهُ
Abdullah ibn Mas’ud berkata, “Tatkala kami shalat di
belakang Rasulullah saw, kami membaca: “Assalaa-mu ‘ala- Jibri-la wa
Mi-ka-I-la. Assala-mu ‘ala- Fula-n wa Fula-n”; maka berpalinglah Rasulullah
kepada kami lalu bersabda, “Sesungguhnya Allah itu Yang Maha Selamat, maka
apabila salah seorang dari kamu shalat, hendaklah berdo’a: “Attahiyya-tu
lilla-h washshalawa-tu waththayyiba-t, assalaa-mu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa
rahmatulla-hi wa baraka-tuh. Assala-mu ‘alaina- wa ‘ala- ‘iba-dilla-hish
sha-lihi-n. (Jika kamu sekalian mengucapkan itu, akan meliputi semua hamba
Allah yang shalih, yang ada di langit dan di bumi). Asyhadu alla- ila-ha
illalla-h wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu- wa rasu-luh”. (lafal al-Bukhari
788).
Sumber dan nilai kesahihan hadis:
Hadis ini diriwayatkan oleh para imam ahli hadis, di
antaranya adalah al-Bukhari yang meriwayatkan tujuh kali di dalam Shahih
al-Bukhari (al-Adzan: 788, 791; al-Jum’ah: 1127; al-Isti’dzan: 5762, 5794;
al-Da’wat: 5853; al-Tauhid: 6833), Muslim (Shahih Muslim, al-Shalat: 609),
Tirmidzi (Sunan al-Tirmidzi, al-Shalat: 266; al-Nikah ‘an Rasulillah: 1123),
Nasaiy sebanyak 10 kali (Sunan al-Nasaiy, al-Tathbiq: 1150, 1151, 1152, 1153,
1154, 1155, 1156, 1157, 1158; al-Sahwi: 1281), Abu Dawud (Sunan Abi Dawud,
al-Shalat: 825), Ibn Majah (Sunan ibn Majah, Iqamat al-Shalat: 889), Ahmad ibn
Hanbal (Musnad: 3381, 3439, 3858), dan ad-Darimiy (Sunan, al-Shalat: 1306,
1307).
Hadis ini bernilai shahih lidzatihi dan dapat dipakai
sebagai hujjah.
MACAM-MACAM BACAAN TASYAHUD
Disamping bacaan tasyahhud seperti di atas, ada beberapa
macam bacaan tasyahhud lainnya yang tidak dikemukakan di dalam HPT tetapi
memiliki landasan dari hadis Nabi saw, yaitu antara lain:
التَّحِيَّاتُ
الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلَامُ (سَلَامٌ)
عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ
(سَلَامٌ) عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا
إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ
Bacaan ini
berdasar hadis Nabi saw dari sahabat Ibn ‘Abbas yang diriwayatkan oleh imam
Muslim ( Shahih Muslim, al-Shalat: 610), Tirmidzi (Sunan, al-Shalat: 267),
Nasaiy (al-Tathbiq: 1161), Abu Dawud (Sunan, al-Shalat: 828), Ibn Majah (Sunan,
Iqamat al-Shalat: 890) dan Ahmad ibn hanbal (Musnad: 2533).
Bacaan ini
bersumber dari hadis yang sahih.
التَّحِيَّاتُ
الطَّيِّبَاتُ الصَّلَوَاتُ لِلَّهِ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ
وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ
الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ
Bacaan tasyahhud ini bersumber dari hadis yang
diriwayatkan oleh Abu Musa al-‘Asy’ari dan ditakhrijkan oleh Muslim (Shahih,
al-Shalat: 612), Nasaiy (Sunan, al-Tathbiq: 1154, 1159; al-Sahwi: 1263), Abu
Dawud (Sunan, al-Shalat: 827), Ibn Majah (Sunan, Iqamat al-Shalat: 891), dan
Ahmad ibn Hanbal (Musnad: 18834). Hadis yang menjadi sumber bacaan ini
berkualitas sahih.
عَنْ
ابْنِ عُمَرَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي
التَّشَهُّدِ التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ السَّلَامُ
عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ قَالَ قَالَ ابْنُ
عُمَرَ زِدْتَ فِيهَا وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ
الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ قَالَ ابْنُ عُمَرَ زِدْتُ
فِيهَا وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ
أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ
Dari Ibn Umar
dari Rasulullah saw tentang bacaan tasyahhud: ‘Attahiyya-tu lilla-h
ash-sholawa-tuththayyiba-t assala-mu ‘alaika ayyuha-nnabiyyu warahmatulla-hi wa
baraka-tuh. (Ibn ‘Umar berkata, “aku tambahkan dalam bacaan tersebut “wa
baroka-tuh”). Assala-mu ‘alaina- wa ‘ala- ‘iba-dilla-hishsha-lihi-n. Asyhadu
alla- ila-ha illalla-h wahdahu- la- syari-ka lah (Ibn Umar berkata “Aku
tambahkan bacaan ‘la- syari-ka lah”). Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu- wa
rasu-luh.
Hadis dari Ibn
‘Umar ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitab sunannya (al-Shalat: 826)
dengan sanad yang sahih.
التَّحِيَّاتُ
لِلَّهِ الزَّاكِيَاتُ لِلَّهِ الطَّيِّبَاتُ الصَّلَوَاتُ لِلَّهِ السَّلَامُ
عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ
عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا
اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ
Bacaan tasayhhud
ini adalah bacaan ‘Umar ibn al-Khattab yang ia ajarkan kepada kaum muslimin
dari atas mimbar. Bacaan Umar ini diasumsikan juga sebagai bacaan Rasulullah
sebab mustahil Umar mengajarkan bacaan tasyahhud yang nabi tidak pernah
mengajarkan. Dengan demikian, hadis ini dihukumi sebagai hadis marfu’. ‘Hadis’
ini diriwayatkan oleh imam Malik dalam kitab al-Muwaththa’ (al-Nida’
lish-shalat: 189) dengan sanad yang sahih.
بِسْمِ
اللَّهِ التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ الصَّلَوَاتُ لِلَّهِ الزَّاكِيَاتُ لِلَّهِ
السَّلَامُ عَلَى النَّبِيِّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ
عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ شَهِدْتُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا
اللَّهُ شَهِدْتُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ
Ini adalah bacaan
tasyahhud ‘Abdullah ibn ‘Umar yang diriwayatkan oleh imam Malik dalam kitab
al-Muwaththa’ (al-Nida’ lish-shalat: 190) dengan sanad yang sahih. Hadis ini
juga dihukumi sebagai hadis marfu’ sebagaimana bacaan sebelumnya.
34.a. Bacaan Shalawat tersebut bersumber dari hadis Nabi
saw dari Ka’b ibn ‘Ujrah:
عن
كَعْبُ بْنُ عُجْرَةَ سَأَلْنَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ
الْبَيْتِ فَإِنَّ اللَّهَ قَدْ عَلَّمَنَا كَيْفَ نُسَلِّمُ عَلَيْكُمْ قَالَ
قُولُوا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ
عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ
بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Dari Ka’b ibn ‘Ujrah, kami bertanya kepada Rasulullah,
“Bagaimana cara shalawat kepada ahlul baitmu, sebab Allah telah mengajarkan
cara shalawat kepadamu (dan belum mengajarkan cara shalawat untuk ahlul
baitmu)?. Rasulullah saw menjawab,
“Bacalah: “Alla-humma shalli ‘ala- Muhammad wa ‘ala- a-li Muhammad, kama-
shallaita ‘ala- Ibra-hi-m wa a-li Ibra-hi-m, wa ba-rik ‘ala- Muhammad wa a-li
Muhammad, kama- ba-rakta ‘ala- Ibra-hi-m wa a-li Ibra-hi-m, innaka hami-dum
maji-d”.
Sumber dan kualitas hadis:
Hadis ini diriwayatkan oleh Bukhari dalam kitab shahihnya
(Ahadis al-Anbiya’: 3119) dengan sanad berkualitas sahih dan dapat digunakan
sebagai dalil.
MACAM-MACAM BACAAN SHALAWAT
Disamping bacaan shalawat seperti tersebut di atas, masih
ada beberapa bacaan shalawat yang diajarkan nabi tetapi kitab Himpunan Putusan
Majlis Tarjih Muhammadiyah tidak memuatnya, yaitu antara lain:
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا
بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini
berdasar hadis nabi saw dari sahabat Abu Humaid as-Sa’idiy dengan sanad yang
sahih dan diriwayatkan oleh Bukhari (Shahih, Ahadis al-Anbiya’: 3118;
ad-Da’wat: 5883), Muslim (Shahih, al-Shalat: 615), Nasaiy (Sunan, al-Sahwi:
1277), Abu Dawud (Sunan, al-Shalat: 831), Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad:
22494), dan imam Malik (Muwaththa’, al-Nida’ lish shalat: 357)
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا
بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini bersumber dari hadis nabi saw dari Abu Humaid
as-Sa’idiy yang diriwayatkan oleh Ibn Majah dalam kitab Sunannya (Iqamat
al-Shalat: 895) dengan sanad berkualitas hasan.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى
آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini bersumber dari hadis riwayat Ka’b bin ‘Ujrah
yang diriwayatkan oleh Bukhari (Shahih, Tafsir al-Qur’an: 4423; al-Da’wat:
5880), Muslim (Shahih, al-Shalat: 614), Nasaiy (Sunan, al-Shalat: 1270;
al-Sahwi: 1272), Ibn Majah (Sunan, Iqamat al-Shalat: 894), Ahmad ibn Hanbal
(Musnad: 17409), dan ad-Darimiy (Sunan, al-Shalat: 1308). Hadis yang menjadi
sumber bacaan shalawat ini memiliki sanad yang berkualitas shahih.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ
إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا
بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Sumber bacaan ini
adalah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dalam kitab Sunannya (al-Shalat:
445) dan Ahmad ibn Hanbal dalam kitab Musnadnya (17425). Tirmidzi menyatakan
bahwa hadis ini berkualitas hasan shahih.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ
عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ
حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini
bersumber dari hadis nabi saw dari Ka’ab bin ‘Ujrah yang diriwayatkan oleh Abu
Dawud dalam kitab Sunannya (al-Shalat: 830) dengan sanad berkualitas sahih.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ
وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ
Bacaan ini bersumber pada hadis Nabi saw dari Abu Sa’id
al-Khudriy yang diriwayatkan oleh al-Bukhariy (Shahih, al-Da’wat: 5881; Tafsir
al-Qur’an: 4424), Nasaiy (Sunan, al-Sahwi: 1273), Ibn Majah (Sunan: Iqamat
al-Shalat: 893), dan Ahmad ibn Hanbal (Musnad: 11009). Hadis yang menjadi
sumber bacaan ini adalah hadis yang berkualitas sahih.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ
عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini
bersumber dari hadis Nabi saw melalui Abu Mas’ud al-Anshariy yang diriwayatkan
oleh Muslim (Shahih, al-Shalat: 613), Nasaiy (Sunan, al-Sahwi: 1268), dan imam
Malik (Muwaththa’, al-Nida’ li al-Shalat: 358). Hadis yang jadi sumber bacaan
ini berkualitas sahih.
اللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا
صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ
النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Bacaan ini
bersumber dari hadis Nabi melalui Abu Mas’ud al-Anshariy yang diriwayatkan oleh
Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad: 16455) dengan sanad berkualitas sahih.
34.b. Pada Said ibn Mansur dan Abu Bakar ibn Abi Syaibah
dengan sanad sahih sampai kepada Abu al-Ahwash berkata, Berkata Abdullah:
قال
عبد الله : يتشهد الرجل ثم
يصلي على النبي صلى الله عليه وسلم ثم يدعو
لنفسه
“Supaya orang itu
membaca tasyahhud (dalam shalatnya), lalu membaca shalawat kepada Nabi saw
kemudian berdoa untuk dirinya”.
‘Abdullah dalam hadis di atas sedang menjelaskan cara
shalat Nabi saw. Hadis ini diriwayatkan oleh al-Hakim (al-Mustadrak ‘ala
al-Shahihayn, I: 401), al-Baihakiy (Sunan al-Kubra, 2: 153), dan Ibn Abi Syaibah (Mushannaf ibn Abi Syaibah,
1: 264). Hadis ini juga dinukilkan oleh Ibn Hajar al-‘Asqalaniy (Fath al-Bariy,
2: 321; 11: 164), dan Abdurrauf al-Manawiy (Faidh al-Qadir, 1: 389). Hadis ini
menurut al-Hakim dan Ibn Hajar al-‘Asqalaniy berkualitas shahih.
35.a. Hadis nabi dari Ibn Mas’ud ra.:
Ibn Mas’ud berkata, bahwa Rasulullah jika duduk dalam dua
rakaat yang pertama seolah-olah ia duduk di atas batu yang panas, hingga segera
berdiri”.
35.a. Hadis Nabi saw dari Ibn Mas’ud ra:
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ قَالَ َقَالَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِذَا قَعَدْتُمْ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَقُولُوا التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ
وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ
وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ
الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَلْيَتَخَيَّرْ أَحَدُكُمْ مِنْ الدُّعَاءِ
أَعْجَبَهُ إِلَيْهِ فَلْيَدْعُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ
Ibn Mas’ud berkata, Rasulullah saw bersabda, “Bila kamu
duduk dalam tiap-tiap dua rakaat, bacalah: ““Attahiyya-tu lilla-h
washshalawa-tu waththayyiba-t, assalaa-mu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa
rahmatulla-hi wa baraka-tuh. Assala-mu ‘alaina- wa ‘ala- ‘iba-dilla-hish
sha-lihi-n. Asyhadu alla- ila-ha illalla-h wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu-
wa rasu-luh”, lalu pilihlah do’a yang disukai, dan berdoalah dengan itu kepada
Tuhannya”.
Sumber dan nilai hadis
Hadis ini diriwayatkan oleh Nasaiy dalam kitab Sunannya
(al-Tathbiq: 1151; al-Sahwi: 1281), dan Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad: 3945)
dengan sanad yang sahih.
Disamping hadis tersebut ada juga hadis lain yang
menyuruh untuk berdoa apa saja setelah membaca shalawat, tanpa penjelasan
tiap-tiap dua rakaat. Hadis tersebut diriwayatkan antara lain oleh: Bukhariy
(Shahih, al-Adzan: 791; al-Da’wat: 5853), Abu Dawud (Sunan,al-Shalat: 825),
Ahmad ibn Hanbal (Musnad: 3439, 3724, 3858, 3892), dan ad-Darimiy (Sunan,
al-Shalat: 1306) dengan sanad yang sahih.
35.b. Hadis nabi dari Ibn Mas’ud ra.:
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ كَأَنَّهُ
عَلَى الرَّضْفِ
Ibn Mas’ud berkata, bahwa Rasulullah jika duduk dalam dua
rakaat yang pertama seolah-olah ia duduk di atas batu yang panas )hingga
segera berdiri(”.
Sumber dan kesahihan hadis
Hadis ini diriwayatkan oleh Tirmidzi (Sunan, al-Shalat:
334), Nasaiy (Sunan, al-Tathbiq, 1163), Abu Dawud (Sunan, al-Shalat: 844), dan
Ahmad ibn Hanbal (Musnad Ahmad: 3474, 3700, 3864, 3940, 4157). Disamping itu,
hadis ini juga diriwayatkan oleh al-Hakim (al-Mustadrak ‘ala al-Sahihayn, 1:
402), al-Syafi’I (Musnad al-Syafi’I, 1: 43), Ibn Abi Syaibah (Mushannaf, 1:
263), Abu Sa’id al-Haitsami ibn Kulaib al-Syasyiy (Musnad al-Syasyiy, 2:
232-233), Tabrani (al-Mu’jam al-Ausath, 5: 201, al-Mu’jam al-Kabir, 10: 151),
Thayyalisi (Musnad, 1: 44), Abu Ya’la (Musnad, 9: 149), al-Ja’diy (Musnad, 1:
234), dan Abu Nu’aim al-Asbahaniy (Hilyatul Auliya’, 4: 207).
Semua jalur sanad tersebut melewati Abu ‘Ubaidah ‘Amir
ibn Abdullah ibn Mas’ud yang meriwayatkan hadis dari bapaknya, ‘Abdullah ibn
Mas’ud. Menurut Tirmidzi, ibn Hajar al-‘Asqalaniy dan Umar ibn ‘Ali ibn
al-Mulaqqin al-Anshariy, sanad antara Abu ‘Ubaidah dengan Abdullah ibn Mas’ud
ini terputus, karena Abu ‘Ubaidah tidak belajar satu hadispun dari Abdullah ibn
Mas’ud (Sunan al-Tirmidzi, al-Shalat: 334; Talkhis al-Habir, 1: 263; Khulashah
Badr al-Munir, 1: 140). Keterputusan sanad ini, dan tidak didukung oleh mutabi’
menyebabkan hadis ini berkualitas dha’if dan tidak dapat dipergunakan sebagai
hujjah. Walla-hu a’lam bish shawab.
Sumber:
Suara Muhammadiyah
Edisi 20-02
Tidak ada komentar:
Posting Komentar